Tips Memilih Mouse

Tips Memilih Mouse

Mouse adalah salah satu alat Input Device yang berfungsi untuk mengarahkan crusor. Kini semakin banyak varian mouse beredar di pasaran, mulai dari 15rb-an hingga menyentuh kisaran jutaan rupiah. Sebernarnya mudah saja tips untuk memilih mouse yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa tips memilih mouse berdasarkan kebutuhan, dan sisanya tentu saja menyesuakan buget / dana yang dimiliki.

DPI / Resolusi
DPI atau Resolusi mouse adalah ukuran titik kemampuan mouse untuk membaca bidang gerak pada pantulan balik cahaya yang di baca oleh optical. Dengan kata lain adalah kecepatan mouse untuk mengerakan krusor pada komputer, semakin besar DPI suatu mouse maka semakin cepat krusor (pointer) yang dapat di gerakan oleh pengguna. Untuk pemakaian sederhana seperti pemakaian kantor, mengetik , browsing dan pemakaian dasar lainnya cukup hanya memakai mouse sederhana pula. Tidak perlu mencari mouse dengan DPI resolusi yang tinggi, 800dpi pun sudah cukup baik untuk pemakaian sederhana.
Berbeda halnya dengan untuk tujuan Design Grafis ataupun Gaming. Intinya adalah cari resolusi DPI yang sesuai dengan program yang dijalankan, bukan mencari resolusi DPI yang paling tinggi. Karna semakin tinggi resolusi mouse maka akan semakin sensitif dia. Maka untuk itulah di ciptakan varian Gaming Mouse dengan tombol DPI Switch untuk merubah settingan resolusi secara mudah.

Bentuk
Mengenai bentuk ada yang bilang tergantung selera. Ya tentu sah-sah saja, karna memang tidak ada patokan wajib untuk menggunakan mouse dengan bentuk tertentu. Tetapi bentukan body mouse akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan penggunanya. Mouse dengan ukuran dan bentuk yang mini lebih cocok untuk di gunakan mobile, atau orang-orang yang lebih sering menggunakan laptop di jalan dan dengan intens pemakaian yang tidak terlalu lama. Sedang untuk mereka yang cenderung berlama-lama bersentuhan dengan mouse, di sarankan untuk menggunakan mouse dengan ukuran yang sedikit lebih besar atau penuh di gengaman. Jika seluruh jari dan telapak tangan mampu di sangga atau bertumpu di atas mouse secara sempurna akan mengurangi resiko pegal otot dan nyeri yang berlebihan, khususnya di daerah pergelangan tangan.

Optical / Laser
Media pembaca gerakan mouse adalah Optical yang berada di bawah mouse. Untuk teknologi terbaru sekarang ini ada Dual Optical Sensor yang berarti memiliki 2 buah Optical Light yang di tembakan pada permukaan alas mouse yang kemudian di pantulkan kembali ke mouse secara bersamaan. Hal tersebut di claim akan memperbaiki pembacaan mouse pada bidang permukaan alas mouse, yang menghasilkan pergerakan crusor / pointer yang  lebih akurat. Ada lagi yang menggunakan tehnologi Laser Optical yang opticalnya dapat bekerja dengan baik pada hampir semua bidang permukaan termasuk permukaan halus mengkilap dan kaca. Lalu ada juga Blue Optical / Blue Sensor Technology, tehnologi optik ini sama seperti Laser Optical namun dengan penyempurnaan sehingga di klaim lebih baik dari Laser Optical. Jadi dah buang jauh-jauh deh tuh mousepad.

--mohon tambahan dari semuanya--

1 comment:

  1. Nice thread gan.
    Lagi mau beli mouse nih, jadi 800dpi kl buat kantoran gak masalah ya.

    ReplyDelete